Spesifikasi Teknis Cermin Tikungan

Cermin tikungan (convex mirror) umumnya dipasang pada tepi jalan pada lokasi-lokasi dimana pandangan pengemudi kendaraan bermotor sangat terbatas atau terhalang khususnya pada tikungan tajam dan persimpangan. Cermin tikungan (convex mirror) ini biasanya dipasang di parkiran mall, parkiran hotel, persimpangan jalan, dll.

Cermin tikungan (convex mirror) digunakan untuk mengetahui posisi kendaraan dipersimpangan jalan agar kendaraan dari arah yang berlawanan dapat melihat kendaraan yang tidak terlihat dari pandangan pengendara kendaraan. Cermin tikungan (convex mirror) ini biasanya dipasang di setiap simpang jalan, sudut jalan, . Cermin lalu lintas ini juga bisa digunakan di luar ruangan atau di dalam ruangan. Cermin lalu lintas mempunyai beberapa tipe dan ukuran, yaitu diameter 40 cm, 60 cm, 80 cm dan 100 cm.

Spesifikasi Teknis Cermin Tikungan
1. Ukuran dan Bahan Cermin Tikungan

a. Pembuatan cermin tikungan dapat menggunakan cermin cembung dari bahan acrylic;

b. Tebal dan diameter cermin sebagaimana tersebut diatas adalah masing-masing sebesar 3 milimeter dan tidak kurang dari 90 cm;

c. Cermin tikungan dilengkapi dengan bingkai dan topi cermin;

d. Tiang penyangga dibuat dari besi galvanis dengan ukuran diameter 2,5 inchi;

e. Tinggi cermin tikungan 2,5 meter disesuaikan dengan hasil manajemen dan rekayasa lalu lintas;

f. Pada bagian belakang cermin tikungan di bubuhi Sticker perlengkapan jalan tulisan sumper pendanaan, tahun anggaran dan isi pasal 275 UU Nomor 22/2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan , contoh gambarsticker terlampir;

g. Setiap bahan Cermin Tikungan yang akan dipergunakan harus lulus uji laboratorium dengan menunjukkan sertifikat uji Laboratorium berskala Nasional atau Internasional.

Have your say